Kamis, 26 Februari 2015

6 Penyebab Kerusakan Memori Manusia


1.Merokok
Meskipun banyak orang yang tidak menyadari fakta ini, bahwa merokok adalah salah satu pembunuh memori. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang merokok dapat menurunkan memori dan kemampuan kognitifnya dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Selain dari itu efek jangka panjang merokok yaitu menyebabkan penurunan mental.
2.Penyakit Malnutrisi (Kekurangan Gizi)
Otak kita juga membutuhkan bahan bakar khususnya dari glukosa. Apabila seseorang kekurangan bahan bakar atau mengalami malnutrisi, maka kekuatan otak untuk menyimpan memori juga akan pendek. Kekurangan gizi juga dapat menyebabkan retrogade parah serta amnesia anterograde, termasuk lupa dengan apa yang baru saja dikatakannya.
3.Penyakit Herpes
Herpes adalah salah satu kondisi atau gangguan kesehatan yang dapat menjadi pembunuh memori nyata. Bentuk herpes yang lebih serius adalah ensefalitis herpes simpleks yang bisa membuat seseorang mengalami kehilangan memori parah. Kondisi ini dapat terjadi jika virus herpes tersebut menemukan jalan untuk masuk ke otak manusia melalui saraf wajah.
4. Minuman keras
Apabila seseorang sering mengkonsumsi minuman keras, maka ia bisa mengalami kehilangan memori akut atau dikenal dengan pemblokiran. Minuman keras dapat menurunkan kemampuan memorinya dan bisa berlanjut hingga ia dewasa.
5.Hipnotis
Selama ini banyak yang percaya bahwa dapat mengungkapkan memori seseorang yang ditekan atau dilupakan, namun kadang proses ini diikuti juga dengan hilangnya beberapa memori, yang dikenal sebagai amnesia pasca hipnotis. Untuk itu diharapkan suatu hari nanti ada teknologi yang dapat mengambil kenangan atau memori tertentu di otak tanpa perlu melakukan hipnotis.
6.Stres
Ketika seseorang mengalami tekanan yang besar atau stres, maka memori atau kenangan yang ada di otak tersebut tidak bisa diakses. Jika seseorang mengalami stres yang terus menerus, nantinya dapat mempengaruhi kemampuan memorinya.

0 komentar:

Posting Komentar