Kamis, 26 Februari 2015

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata


menjaga-kesehatan-mata
Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang sangat penting. Coba dibayangkan apabila kita mengalami kerusakan pada mata atau kebutaan, tentunya kita tidak dapat menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini. Untuk itu, sebaiknya kita mulai menjaga kesehatan mata kita dengan cara melakukan perawatan secara berkala dan rutin.

Berikut 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Periksalah mata setiap 12 bulan
Masalah penglihatan yang tidak cepat ditangani akan membuatnya berkembang semakin parah, maka dari itu dihindari memakai lensa kontak dan juga kacamata yang sudah tidak cocok untuk anda karena hal itu dapat menyebabkan masalah penglihatan dan sakit kepala.
2. Nutrisi untuk Mata
Studi baru-baru ini menyebutkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan bisa mencegah dan memperlambat degenerasi makular serta pertumbuhan katarak. Nutrisi ini baik untuk tubuh dan mata.
3. Penggunaan cahaya yang cukup
Hindarilah bekerja dengan cahaya minim ataupun cahaya yang terlalu terang karena dapat menyebabkan kelelahan mata. Penggunaan cahaya yang baik jika bekerja menggunakan komputer adalah cahaya dari arah samping dengan dengan lampu meja bercahaya cukup. Kurangi tingkat cahaya di monitor. Warnanya memang menjadi tak terlalu tajam, tapi akan membuat mata menjadi lebih nyaman.
4. Istirahatkan mata Anda
Banyak orang yang merasakan mata mereka menjadi lelah setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini dikarenakan ketika didepan komputer mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya dan menyebabkan mata jadi kering. Yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah tutup mata anda sekitar 5 detik lalu membukanya kembali.
5. Jika memakai lensa kontak, rawatlah dengan baik
Lensa kontak sebenarnya tidak begitu merepotkan, namun kebersihannya harus selalu dijaga. Bersihakan lensa kontak setiap kali akan memakai ataupun melepaskannya. dan selalu mengganti cairannya, sebelum tidur di malam hari.
6.Gunakan filter monitor
Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor.
7. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer.
Apabila bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja itu dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Supaya tidak perlu bolak-balik untuk memfokuskan pandangan saat membaca kertas kerja anda.
Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata kita, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar